Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Manusia

Perbedaan Otot Manusia – Jenis – Jenis Otot Manusia itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Otot Lurik atau Otot Kerangka, Otot Polos, dan Otot Jantung. Adapun didalam Pengertian Sistem Otot Manusia sendiri ialah suatu sistem organ manusia yg terdapat pada manusia atau hewan yg mengizinkan makhluk tersebut dapat bergerak. Sistem otot yg ada di dlm vertebrata dikendalikan oleh suatu sistem saraf, dan didlm beberapa otot seperti otot jantung manusia bisa bergerak secara otonom.

Adapun untuk mengetahui Perbedaan Antara Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung maka sangat diperlukan penjelasan dari Ketiga Macam Otot Manusia ini, karena memang Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Manusia dapat diketahui dengan mengenal lebih dalam tentang Ketiga Otot Manusia tersebut.

Perbedaan Otot Manusia (Otot Polos, Lurik dan Jantung)

perbedaan otot manusia otot polos, otot lurik dan otot jantung

1. Otot Polos Manusia

Sel Otot Polos memiliki bentuk yg memanjang dgn kedua ujungnya yang runcing serta nukleus yang terletak pada bagian tengah sel otot. Serat miofibril pd otot polos memiliki sifat homogen serta lebih kecil dari serabut otot lurik. Otot polos terdapat pada bagian dinding pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, ovarium, dan paru – paru. Otot polos memiliki sifat lambat reaksinya dalam hal menerima rangsangan, akan tetapi tahan terdapat kelelahan dan dapat bekerja dibawah pengaruh saraf tidak sadar. Ciri – Ciri Otot Polos Manusia antara lain :

– Memiliki bentuk yang runcing pada bagian ujungnya

– Mempunyai bentuk gelondong.

– Hanya memiliki satu jumlah inti sel.

– Letak inti sel berada pada bagian tengah sel.

– Sistem kerja dilakukan secara tidak sadar.

– Reaksi terhadap gerakan adalah lambat.

– Gerakannya tidak cepat lelah.

– Posisinya terdapat pada bagian sistem organ.

2. Otot Lurik Manusia

Otot lurik atau Otot kerangka merupakan otot yang terletak pada bagian kerangka, bagian tubuh manusia yg berdaging merupakan otot kerangka. Otot lurik sendiri disebut lurik karena memperlihatkan suatu pola serat melintang ataupun bergaris. Irisan melintang otot ini terdapat beribu-ribu serabut otot dan serabut ini tersusun dlm bentuk berkas yg sejajar serta terikat sesamanya oleh jaringan penyambung yg dilalui oleh pembuluh darah sera saraf.

Diameter otot lurik sendiri kurang lebih 50 mikron dgn panjang 2.5 cm. Kontraksi otot lurik sendiri adalah cepat, kuat, dan bekerja secara sadar. Serabut yang terdapat otot lurik dibungkus oleh endomisium, dan kumpulan berkas serbut tersebut dibungkus oleh fasia propia atau perimisium. Sedangkan otot (daging) dibungkus oleh selaput fasia super fisalis atau epimisium. Endomisium, epimisium, dan perimisium tergabung membentuk urat atau tendo yg melekatkan otot pada tulang. Ciri – Ciri Otot Lurik Manusia antara lain :

– Memiliki jumlah inti sel yang banyak.

– Posisi inti sel berada pada bagian tepi sel.

– Sistem kerja dilakukan secara sadar.

– Reaksi terhadap gerakannya cepat.

– Gerakannya tidak cepat lelah.

– Posisinya terdapat pada bagian rangka.

3. Otot Jantung Manusia

Otot jantung merupakan otot yang terdapat pada bagian dinding jantung, struktur otot jantung sendiri menyerupai otot lurik. Akan tetapi nukleusnya terletak pada posisi tengah sel serta memiliki percabangan. Setiap percabangan yang terdapat pada otot jantung terdapat jaringan pengikat yg disebut dengan discus interkalaris. Otot jantung sendiri bekerja dibawah pengaruh saraf tidak sadar, dan reaksi saraf ini cepat terhadap rangsangan dan tahan terdapat kelelahan. Ciri – Ciri Otot Jantung Manusia antara lain :

– Memiliki bentuk silinder, memanjang, dan bercabang.

– Jumlah inti sel lebih dari satu.

– Sistem kerjanya terjadi secara tidak sadar.

– Reaksi terhadap gerakannya lambat.

– Gerakannya tidak cepat lelah.

– Posisinya atau letaknya terdapat pada jantung.

Seperti itulah Pengertian Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung secara lebih detail, dan semoga saja dengan mengenal lebih dalam tentang Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Manusia maka kalian sebagai Para Pembaca Online Mistamajahp bisa dengan mudah dan mengerti akan Perbedaan Otot Polos dengan Otot Lurik dan dengan Otot Jantung. Hal tersebut dikarenakan pembahasan mengenai Perbedaan Otot Manusia antara Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung cukup sering keluar di Soal – Soal Ujian Mata Pelajaran Biologi SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Materi Pembelajaran Terbaru

  • otot
  • perbedaan otot polos lurik dan jantung
  • otot lurik
  • apakah perbedaan antara otot polos otot lurik dan otot jantung
  • perbedaan otot
  • perbedaan otot polos lurik jantung
  • otot polos lurik jantung
  • otot polos
  • otot polos dan otot lurik
  • perbedaan otot polos dan otot lurik