Pengertian Konduktor dan Isolator Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Konduktor dan Isolator – Hallo apa kabar para pembaca Online di Situs Mistamaja HP, langsung saja setelah dipertemuan sebelumnya Penulis telah menjelaskan secara lebih detail mengenai Apa Itu Fisika Dasar. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis secara bergantian akan membahas secara lebih detail pula mengenai Perbedaan Konduktor dan Isolator karena Materi ini (Konduktor dan Isolator) cukup penting sekali didalam Mata Pelajaran Fisika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

1. Pengertian Konduktor dan Contoh Konduktor

Langsung saja didalam Pengertian Konduktor ini adalah suatu zat atau bahan yang dpt menghantarkan arus listrik, baik itu zat padat, cair, ataupun gas karena sifat dari zat atau benda tersebut yang konduktif, maka disebut dengan Konduktor dan Ciri – Ciri Konduktor yang baik itu sendiri memiliki tahanan jenis yang kecil dan salah satu Penghantar atau Contoh Konduktor yg sangat baik adalah emas, akan tetapi karena harganya yang begitu mahal, maka penghantar yg umumnya digunakan adalah tambaga dan aluminium untuk menghemat biaya.

Lalu Ketahanan Konduktor yang diberikan tergantung dari bahan atau matrial yang digunakan terbuat dari apa serta berapa ukurannya karena untuk bahan tertentu, resistansi akan berbanding terbalik dgn luas penampangnya. Contohnya bisa kalian lihat didalam kawat tembaga yg tebal memiliki resistansi lebih rendah dari pada kawat tembaga yang tipis, dan juga untuk resisten sebanding dgn panjang. Contohnya kawat tembaga yg lebih panjang ketahanannya lebih tinggi dari pada kawat tembaha yang pendek.

Contoh Konduktor Bersifat Logam antara lain : Emas, Tembaga, Perak, Aluminium, Zink, Besi, dll.

pengertian konduktor dan isolator secara lengkap

2. Pengertian Isolator dan Contoh Isolator

Kemudian untuk Pengertian Isolator adalah bahan yang tidak dapat atau sulit untuk melakukan perpindahan muatan listrik, atau secara umum isolator adalah penghambat aliran listrik. Fungsi Isolator yg lainnya ialah sebagai penopang beban ataupun pemisah antara konduktor tanpa membuat adanya aliran arus yang mengalir keluar atau antara konduktor. Alat ini juga sering digunakan sebagai alat yg digunakan utk menyangga kabel transmisi listrik yang terdapat pada tiang listrik.

Lalu Bahan isolator sendiri tidak ada yang sempurna, karena isolator masih membawa sejumlah muatan kecil mobile atau pembawa muatan yang dapat dibawa saat arus listrik mengalir. Hal tersebut menjadikan semua isolator menjadi konduktif secara elektrik pada saat voltase cukup besar digunakan, sehingga medan listrik akan mengalirkan air dari atom dan hal ini dikenal juga dengan sebutan Breakdown Isolator.

Beberapa Contoh Isolator yg baik itu sendiri diantaranya ialah Kertas, Kaca, ataupun Teflon. Sedangkan beberapa Contoh Bahan Isolator lainnya yang masih cukup bagus digunakan sebagai isolator diantaranya adalah Karet dan Plastik. Bahan – Bahan Isolator tersebut dipilih menjadi Isolator Kabel karena lebih mudah untuk diproses serta dibentuk, akan tetapi masih dapat digunakan sebagai penyumbat aliran listrik untuk voltase menengah (kurang lebih mampu menahan ratusan atau ribuan volt).

Fungsi Isolator sendiri yg paling utama ialah untuk menghindari sengatan listrik, hubungan arus pendek, dan juga menghindari bahaya kebakaran yang dikarenakan kabel saling bersentuhan dan menghasilkan sambungan silang. Oleh karena itu harus dipasang isolator pada bagian tengah berongga pada kabel untuk mencegah terjadinya pantulan gelombang EM yang nantinya dapat menyebabkan kejutan manusia ataupun bahaya sengatan listrik pada tegangan yang lebih tinggi dari 60 volt.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Konduktor dan Isolator, semoga saja dengan adanya ulasan mengenai Materi Fisika Dasar ini, kalian sebagai Para Pembaca Online di Situs Mistamaja HP bisa dengan mudah memahami dan mengerti akan Perbedaan Konduktor dengan Isolator. Sekian saja dari Penulis, dan sekali lagi semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian. Salam Cinta Membaca Online.

Materi Pembelajaran Terbaru

  • isolator
  • konduktor
  • isolator adalah
  • konduktor dan isolator
  • pengertian konduktor
  • pengertian konduktor dan isolator
  • contoh konduktor
  • pengertian
  • contoh konduktor dan isolator
  • isolator dan konduktor