5 Manfaat dan Keutamaan Sholat Istikharah Menurut Hadits

Salah satu Keutamaan Sholat Istikharah bagi setiap Mukmin yang melaksanakannya (mengerjakannya) ialah akan mendapatkan Pahala, karena Sholat Istikharah ini merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sudah dianjurkan untuk dikerjakan oleh tiap tiap Muslim dan Muslimah.

Seperti yang sudah pernah dijelaskan didalam artikel Niat Sholat Istikharah sebelumnya, bahwa Sholat Sunnah Istikharah ini memang telah dianjurkan untuk dikerjakan dan dilaksanakan oleh setiap insan Muslim Muslimah. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Riwayat Bukhari bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda

” Jika ada salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yg akan diambil maka kerjakanlah Sholat Sunnah Dua Rakaat yang bukan termasuk kedalam Sholat Wajib, lalu berdoalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (HR. Bukhari) ”. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa Sholat Sunnah Istikharah ini merupakan Sholat Sunnah untuk meminta Petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dan fakta bahwa beberapa dari banyaknya orang muslim didunia ini mengetahui jelas adanya Sholat Sunnah Istikharah ini, namun untuk melaksanakannya masih banyak yang malas. Padahal Keistimewaan Sholat Istikharah ini cukup banyak, selain untuk mendapatkan Petunjuk dan mendapatkan Pahala mengerjakan Sholat Sunnah yang banyak.

5 Keutamaan Sholat Istikharah Menurut Hadits

keutamaan sholat istikharah menurut hadits shahih

Dibawah ini telah Penulis Mistamaja HP terangkan dan tuliskan beberapa Manfaat Sholat Istikharah yang bisa kalian dapatkan sebagai seorang Mukmin jika mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah disetiap harinya, dan tentunya penjelasan mengenai Keutamaan Mengerjakan Sholat Istikharah ini menurut Hadits – Hadits Shahih.

1. Mendapat Petunjuk dari Allah SWT

Manusia yang sedang dalam keadaan bingung dan resah terhadap pilihan yang mendesak, akan diberi pentunjuk atau jalan keluar yang datangnya dari Allah SWT. Hal tersebut bisa di dapati dengan melaksanakan Sholat Istikharah sesuai dengan tata cara yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Poin pertama dalam keutamaan Sholat Istikharah menurut hadits sohih dimana Jabir Bin Abdullah yang merupakan salah satu sahabat Nabi bercerita bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : ” Jika salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yang akan diambil maka kerjakanlah Shalat Sunnah dua rakaat dan berdoa ” (HR Bukhari).

2. Mendapatkan Pahala Banyak

Sebuah hadits sohih dari seorang Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani menjelaskan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Barangsiapa yang telah menghidupkan satu Sunnah dari Sunnah-Sunnah ku dan diamalkan oleh manusia, maka dia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun ( HR. Ibnu Majah ) ”.

Dengan begitu seseorang yang bergegas untuk melaksanakan Sholat Istikharah akan mendapatkan ganjaran berupa pahala yang melimpah karena seseorang tersebut telah menghidupkan salah satu dari sunnah Nabi, dan bisa berguna sebagai pelengkap kekurangan dari Sholat Wajib yang dikerjakan oleh kalian.

3. Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

Keutamaan Sholat Sunnah Istikharah ketiga menurut hadits adalah dapat dijadikan penutup (pelengkap) sholat wajib yang telah ditinggalkan oleh seorang muslim. Bukti dasarnya adalah sebuah hadits dari Abu Hurairah yang dikenal sebagai sahabat Nabi dengan banyak meriwayatkan hadits lebih dari 5000. Beliau berkata Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

” Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan dihisab atau dihitung pada manusia di hari Kiamat kelak adalah ialah Sholat. Allah Azza Wa Jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia lah yang lebih tau ”.

Allah SWT berfirman ” Lihatlah apakah hambaku mempunyai amalan Shunnah, jika hambaku memiliki amalan Shunnah maka sempurnakan kekurangan yang ada di amalan wajib dengan amalan shunnahnya.. (Hadits Shahih Abu Daud, Ibnu Majah dan Akhmad) ”.

4. Terhindar Dari Dosa Musyrik

Keutamaan Sholat Istikharah selanjutnya dapat terhindar dari Kemusyrikan yang berdosa besar, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi : ” Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa, apabila dia memohon kepadaku maka hendaklah memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku supaya mereka selalu berada dalam kebenaran ”.

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa manusia dengan segala kerisauannya hendaklah kembali lagi kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dan jangan melakukan hal yang musyrik, karena itu adalah dosa besar dan merupakan salah satu tindakan yang tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

5. Dapat Menenangkan Hati dan Pikiran

Manfaat Mengerjakan Sholat Istikharah selanjutnya ialah akan menenangkan pikiran dan hati kalian, karena jika kalian sedang risau dan gundah pastinya pikiran kalian akan kemana mana dan membuat kalian resah dan gelisah.

Maka dengan mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini maka kalian akan mendapatkan ketenangan hati, karena kita telah memasrahkan dan bertawakal kepada Allah Subhanahu wa ta’ala tentang apa yang sedang kalian gundahkan, dan tentunya Insya Allah dengan selalu bertawakal maka kalian akan selalu mendapatkan Petunjuk dan dilindungi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Seperti itulah penjelasan mengenai Keutamaan Sholat Istikharah yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian agar kalian bisa lebih rajin mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah, dan sebagai tambahan saja bahwa kalian juga dianjurkan untuk mengerjakan Sholat Tahajud karena Sholat Sunnah tersebut sangat baik untuk dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimah, selain sholat wajib lima waktu yang memang sudah menjadi kewajiban kalian.

Semoga saja apa yang telah dijelaskan oleh kami bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim Muslimah Online di tanah air, karena sudah tugas kami sebagai sesama Muslim untuk selalu mengshare (membagi) informasi – informasi yang berguna didunia maya kepada kalian, para saudara muslim dan muslimah.

loading...
Tags: