Hukum Idgham Bighunnah dan Contoh Idgham Bighunnah

Bacaan Tajwid Hukum Idgham Bighunnah merupakan salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an yang termasuk kedalam salah satu cara agar cepat bisa membaca al qur’an karena salah satu Cara Belajar Membaca Al Qur’an bagi pemula ialah dengan mempelajari Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti yang telah dijelaskan secara detail oleh kami dikesempatan sebelumnya.

Kemudian sebelum membahas terlebih jauh tentang Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah dan Contohnya, ada baiknya jika kalian sebagai Seorang Muslim Muslimah untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Ilmu Tajwid didalam Kitab Suci Al Qur’an.

Dan Pengertian Ilmu Tajwid atau Bacaan Tajwid Al Qur’an ini adalah ilmu yang berfungsi dan digunakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya membunyikan Huruf – Huruf didalam Al Qur’an secara baik dan benar, atau bisa disederhanakan sebagai salah satu Ilmu untuk mempelajari bunyi (Pengucapan) dari Ayat – Ayat Al Qur’an secara baik dan benar.

Perlu kalian ketahui juga bahwa sangat penting sekali bagi kalian Umat Muslim untuk belajar Bacaan Tajwid Al Qur’an ini, karena sudah sangat dianjurkan untuk membaca Ayat Ayat Kitab Suci Al Qur’an dengan baik dan benar secara Ilmu Tajwidnya, selain itu akan mendapatkan Keutamaan yang sangat banyak, salah satunya ialah akan mendapatkan Pahala banyak.

hukum idgham bighunnah lengkap

Oleh karena itu Penulis Mistamajahp akan mencoba untuk menjelaskan dan memberikan informasi mengenai salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an yakni Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah kepada kalian Para Pembaca Muslim Muslimah Tanah Air.

1. Pengertian Hukum Idgham Bighunnah

Langsung saja didalam Pengertian Idgham Bighunnah ini ialah Bacaan Tajwid Al Qur’an yang dibaca secara Mendengung apabila terdapat Huruf Hijaiyah Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu Empat Huruf Hijaiyah MIEM, NUN, WAWU dan YAA.

Penjelasan lebih detail mengenai pengertian Idgham Bighunnah ini ialah Kata Idgham yang berarti meleburkan 1 huruf yg ada di depan ke dalam huruf yg ada sesudahnya, atau bisa disederhanakan didalam bahasa arab yakni Tasydid’kan. Lalu arti dari kata Bi bermaksud dengan dan Kata Ghunnah mempunyai arti dengung.

2. Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah

Kemudian didalam Tata Cara Membaca Idgham Bighunnah sendiri sekali lagi dibacakan secara MENDENGUNG, dan dibacakan Mendengung jika Huruf Hijaiyah Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu Empat Huruf Hijaiyah MIEM, NUN, WAWU dan YAA.

cara membaca idgham bighunnah yang benar

Jadi sekali lagi jika terdapat Ayat – Ayat Al Qur’an berhuruf Hijaiyah Nun Sukun (Nun Mati) atau Tanwin (AN IN UN) bertemu dengan salah satu Huruf Hijaiyah Miem, Nun, Wawu dan Yaa seperti pada gambar diatas, maka dibaca Mendengung karena itu termasuk kedalam Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah.

3. Contoh Bacaan Idgham Bighunnah Lengkap

Setelah kalian sudah cukup memahami tentang Pengertian Idgham Bighunnah dan Cara Membaca Bacaan Idgham Bighunnah diatas yang Mendengung, maka dibawah ini telah Penulis berikan Contoh Idgham Bighunnah secara sederhana dan yang ada di Ayat – Ayat Al Qur’an.

  • Contoh Bacaan Idgham Bighunnah

contoh idgham bighunnah nun sukun

Kalian bisa lihat Contoh Idgham Bighunnah di nomor 1 bahwa Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan huruf hijaiyah Wawu sehingga dibacakan mendengung, seperti ini ‘Miwwaraa ihim’, dan tidak boleh dibacakan secara Jelas dan Tegas seperti MINWARAA IHIM.

Sedangkan pada contoh nomor 2 diatas bahwa Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan Huruf Hijaiyah Miem sehingga dibacakan mendengung juga karena itu termasuk kedalam Idgham Bighunnah, bacanya seperti ini ‘NAKUMMA’AKUM’.

  • Contoh Hukum Idgham Bighunnah di Al Qur’an

contoh idgham bighunnah dalam al qur'an

Kemudian gambar diatas ini merupakan salah satu contoh bacaan idgham bighunnah yang ada di Al Qur’an, tepatnya di salah satu Ayat pada Surat Al Humazah Ayat 2. Bisa kalian lihat pada Ayat Surat Al Humazah tersebut terdapat Tanwin ANN bertemu dengan Huruf Hijaiyah Wawu sehingga dibaca MAALAWWA’AD DADAH.

contoh bacaan idgham bighunnah dalam al qur'an

Contoh Idgham Bighunnah kedua ialah ada didalam Surat Az Zalzalah Ayat 6, seperti yang ada di gambar diatas dan bisa kalian lihat sendiri bahwa di Ayat Surat Az Zalzalah tersebut terdapat Tanwin INN bertemu dengan Huruf Hijaiyah YAA, dan selain contoh contoh ini tentunya masih banyak sekali contoh yang lain didalam Ayat Ayat Al Qur’an.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan dari kami terkait Hukum Idgham Bighunnah, dan semoga saja apa yang telah dijelaskan dan diterangkan oleh kami di artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya, karena kami selaku Penulis Mistamajahp sangat meyakini bahwa diluar sana masih ada banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami tentang Hukum Idgham Bighunnah ini.

Adapun sebagai tambahan saja dari kami, jika kalian belum begitu memahami tentang apa yang sudah kami jelaskan diartikel ini, maka sebaiknya kalian bisa belajar secara langsung kepada Ustad yang ada di sekitar rumah kalian, atau kalian bisa membeli buku Bacaan Tajwid yang banyak di jual di Toko Toko Buku Islami.

loading...
Tags: