Cara dan Doa Sujud Syukur Yang Benar Sesuai Sunnah

Sebelum membahas terlebih jauh tentang Materi Islam tentangĀ Cara, Niat dan Doa Sujud Syukur, maka perlu kalian ketahui terlebih dahulu tentang apa itu Sujud Syukur di dalam Ajaran Islam. Pengertian Sujud Syukur itu sendiri adalah bersukur terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala terhadap segala nikmat yang telah diberikannya kepada kita dengan cara melakukan Gerakan Sujud dan membaca Bacaan Doa Sujud Syukur didalamnya.

Selain itu perlu kalian ketahui juga bahwa didalam Sujud Syukur ini termasuk kedalam Ibadah Sunnah, karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam terus bersujud sukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala ketika Beliau mendapatkan sesuatu yg menggemberikan (Kabar Suka Cita). Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud yang berbunyi :

” Dari Abu Bakrah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam apabila datang kepada beliau sesuatu hal hal yang menggemberikan, atau kabar suka cita, maka Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam terus Sujud semata – mata untuk berterima kasih atau bersukur kepada Allah (HR. Abu Daud) ”. Selain Hadits Shahih tersebut, selalu Bersyukur terhadap Allah SWT juga telah dijelaskan didalam Al Qur’an.

doa sujud syukur yang benar sesuai sunnah

Salah satunya terdapat didalam Al Qur’an Surat Ibrahim Ayat 7 yang berbunyi : ” Dan ingatlah juga, tatkala Tuhan mu memaklumkan : ” Sesungguhnya jika km bersyukur, pasti kami akan menambah Nikmat kepada km, dan jika km mengingkari (nikmatku), maka sesungguh-nya Azab ku sangat pedih (QS. Ibrahim, Ayat 7) ”. Oleh karena itu selalu Bersyukur terhadap Allah SWT selain akan mendapatkan Pahala, maka akan ditambahkan Rezeki dan Kenikmatan oleh Allah SWT.

Kemudian kita kembali ke bahasan Sujud Syukur sebagai salah satu bentuk dan cara bersyukur kepada Allah SWT atas segala Rezeki dan Nikmat yang telah kita terima, bahwa dibawah ini Penulis telah memberikan penjelasan secara lebih dalam mengenai Tata Cara Sujud Syukur dan Bacaan Doa Sujud Syukur yang bisa kalian terapkan (lakukan) sendiri ketika mendapatkan suatu Rezeki (Kenikmatan) oleh Allah SWT.

Tata Cara Sujud Syukur Sesuai Sunnah

Didalam Tata Cara Mengerjakan Sujud Syukur sebagai Ibadah Sunnah yang bisa dilakukan (diamalkan) oleh kalian ketika mendapatkan suatu Kenikmatan dan Rezeki dari Allah SWT sangatlah gampang dan mudah. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian lihat Cara Melakukan Sujud Syukur Yang Benar Sesuai Sunnah dibawah ini.

1. Suci dari Hadats dan Najis

2. Berwudhu

3. Menghadap Kiblat

4. Membaca Niat Bersujud Syukur

5. Melakukan Gerakan Takbiratul Ikhram

6. Setelah itu langsung melakukan Gerakan Sujud 1 kali

7. Membaca doa sujud syukur di Gerakan Sujud tersebut

8. Lalu Duduk dan mengucapkan Salam

Bacaan Niat Sujud Syukur Sesuai Syariat

niat sujud syukur sesuai sunnah

Bacaan Niat Melakukan Sujud Syukur tersebut bisa dibacakan didalam Hati maupun boleh diucapkan secara lirih. Selain itu bisa dibacakan sesuai dengan Bahasa Arabnya atau bisa dibacakan sesuai Artian dalam Bahasa Indonesia.

Bacaan Doa Sujud Syukur Sesuai Sunnah

doa sujud sukur yang benar sesuai sunnah

Bacaan Doa Melakukan Sujud Syukur diatas dibacakan atau diamalkan ketika kalian sedang melakukan Gerakan Sujud Syukur, sehingga ketika kalian sedang melakukan Gerakan Sujud Syukur maka dibarengi dengan membaca Bacaan Doa Sujud Syukur ini. Selain itu sebagai tambahan saja bahwa Syarat – Syarat Melakukan Sujud Syukur ini antara lain Suci dari Hadats dan Najis, Berwudhu, menghadap Kiblat, membaca niat sujud syukur, takbiratul ikhram, Sujud sekali yang dibarengi dg membaca doa sujud syukur dan salam.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai salah satu Ibadah Sunnah Sujud Syukur ini, dan semoga saja apa yang telah dituliskan oleh Penulis Mistamajahp ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua Para Pembaca Online di Indonesia. Selain itu Penulis sangat yakin bahwa diluar saja masih banyak Masyarakat Muslim Muslimah yang belum begitu mengenal (memahami) tentang Sujud Syukur.

Oleh karena itu dengan adanya ulasan ini semoga saja Para Pembaca Muslim Muslimah yang ada di Tanah Air bisa lebih mengetahui dan memahami tentang Apa Itu Sujud Syukur, karena Sujud Syukur ini bisa menjadi salah satu cara seorang Muslim Muslimah untuk Bersyukur kepada Allah SWT atas semua Rezeki dan Kenikmatan yang telah mereka dapatkan karena Allah SWT.

loading...