Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula Secara Lancar

Pembahasan mengenai Cara Belajar Membaca Al Qur’an tentunya cukup banyak dicari oleh kalangan Pembaca Muslim Online yang ada di tanah air, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara Muslim yang kebanyakan Masyarakatnya beragama Islam.

Oleh karena itu tentu banyak sekali Masyarakat Muslim Tanah Air yang mencari informasi di Internet tentang Cara Belajar Al Qur’an untuk Pemula ini. Selain itu perlu kalian ketahui sebagai Pembaca Muslim di Situs Mistamajahp ini, bahwa didalam membaca Al Qur’an sendiri sangatlah banyak Keutamaan dan Manfaatnya.

Paling minim kalian akan mendapatkan Pahala banyak dg membaca Al Qur’an, bahkan Belajar Membaca Al Qur’an sendiri pun sudah kebagian pahalanya sehingga salah satu ladang untuk memperoleh banyak pahala bisa dengan belajar dan membaca Al Qur’an, selain Sholat Lima Waktu dan ibadah yg lainnya.

Hadits Tentang Membaca Al Qur’an

Keutamaan membaca Al Qur’an sekali lagi sangat banyak, dan dalam hal ini telah dijelaskan oleh Hadits – Hadits Shahih seperti telah diterangkan oleh Abdulllah bin Mas’ud Ra bahwa ia berkata, ‘ Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi :

” Siapa yg membaca 1 huruf dari kitab suci Al Qur’an maka bagi-nya 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kali kebaikan semisalnya, dan Aku tidak mengatakan ALIF itu 1 huruf, melainkan Alif Satu Huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf (HR. Tirmidzi) ”.

Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa dari Sahabat Abu Umamah Al Bahili Ra berkata, saya mendengar Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Bacalah oleh kalian Al Qur’an, karena Al Qur’an akan datang pd hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang2 yg rajin membaca-nya (HR. Muslim, NO 804) ”.

Tentunya masih ada banyak lagi Hadits2 Shahih yg menerangkan Keutamaan Membaca Al Qur’an, oleh karena itu ada baiknya bagi kalian Umat Muslim untuk selalu belajar dan membaca Al Qur’an di setiap harinya. Adapun Penulis telah menuliskan Tips Cara Membaca Al Qur’an Dengan Lancar Untuk Pemula yg bisa kalian baca dan pelajari dibawah ini.

Cara Belajar Membaca Al Qur’an Untuk Pemula Secara Lancar

cara belajar membaca al qur'an bagi pemula

Dibawah ini telah penulis berikan Cara Membaca Al Qur’an Untuk Pemula tingkat dasar, dan ulasan ini pun bisa diterapkan untuk orang dewasa, tidak hanya untuk anak kecil yang ingin belajar membaca al qur’an.

1. Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Pengertian Huruf Hijaiyah sendiri ialah huruf yg ejaannya bahasa arab sebagai bahasa asli Al Qur’an, bisa dikatakan bahwa Huruf Hijaiyah seperti Huruf Abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kalian ingin lancar dalam membaca Al Qur’an maka kalian harus belajar dan mengerti akan Huruf Hijaiyah dan ejaannya.

Adapun untuk pengenalan dasar tentang Huruf Hijaiyah disini, bahwa Huruf – Huruf Hijaiyah yang digunakan didalam Kitab Suci Al Qur’an terdapat 29 Macam dan jumlah huruf hijaiyah tersebut sudah termasuk Alif. Dibawah ini bisa kalian lihat 29 Macam Huruf Hijaiyah didalam Al Qur’an.

nama huruf hijaiyah bahasa arab

2. Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Kemudian didalam Cara Belajar Membaca Al Qur’an Secara Cepat kedua setelah mempelajari Huruf Huruf Hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat didalam Al Qur’an.

Hal tersebut dikarenakan Tanda Baca (Harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana Huruf – Huruf Hijaiyah didalam Al Qur’an diucapkan atau dilafalkan. Sebagai contohnya jika didalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, dan Tanda Baca (Harakat) didalam Al Qur’an (Bahasa Arab) sendiri antara lain

Tanda Baca Fathah, Tanda Baca Alif Khanjariah, Tanda Baca Kasrah, Tanda Baca Dammah, Tanda Baca Sukun, Tanda Baca Tasydid, Tanda Baca Tanwin dan Tanda Baca Wasal. Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai Tanda Baca Harakat ini, kalian bisa mencarinya Buku Tajwid Al Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, atau bisa tanya (belajar) langsung ke Ustad disekitar anda.

3. Mengenal Bacaan Tajwid Al Qur’an

Lalu langkah Cara Belajar Membaca Al Qur’an dengan lancar selanjutnya ialah dengan lebih mengenal Bacaan – Bacaan Tajwid Al Qur’an, dan Ilmu Bacaan Tajwid Al Qur’an ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan Huruf – Huruf (Bacaan) Al Qur’an secara baik dan benar.

Seperti dibacakan secara Mendengung, Samar Samar atau Jelas. Secara sederhana bahwa Bacaan Tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya didalam Bahasa Inggris, dan adapun Grammar didalam Bahasa Arab sendiri (Macam – Macam Bacaan Tajwid) antara lain Bacaan Idzhar, Bacaan Idgham, Bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya.

Sangat direkomendasikan oleh kami bahwa jika kalian ingin lebih mengenal dan memahami tentang Bacaan – Bacaan Al Qur’an maka sangat baik sekali jika kalian sebagai seorang Muslim Muslimah untuk membeli Buku – Buku tentang Bacaan Tajwid Al Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, dan setelah itu bisa juga dengan belajar secara langsung dengan Ustad disekitar rumah kalian.

4. Belajar Secara Sunguh – Sungguh dan Rajin

Kemudian untuk Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula agar cepat lancar selain langkah langkah diatas ialah, harus belajar dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa karena harus selalu diingat bahwa didalam belajar membaca Al Qur’an itu termasuk kedalam Ibadah dan akan mendapatkan Pahala.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa Ikhtiar tersebut pastinya akan selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya seperti Malas, Mengantuk dan lain lain. Namun harus selalu diingat sekali lagi bahwa ini termasuk kedalam Ibadah dan akan mendapatkan Pahala sehingga kalian harus belajar secara ikhlas dan rajin.

Saran kami, ada baiknya bagi kalian untuk membeli Buku Buku terkait Bacaan Tajwid, Kasrah dan Huruf Hijaiyah agar kalian bisa belajar dan cepat hafal bacaan tajwid dan huruf hijaiyah. Selain itu kalian juga bisa belajar secara langsung kepada Ustad atau Muslim Muslimah yang sudah bisa dan lancar dalam membaca Al Qur’an, agar kalian cepat dan lancar dalam membaca Ayat Ayat Al Qur’an.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula secara lancar dan cepat, semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim karena ulasan ini termasuk kedalam ulasan yang sering dicari oleh Masyarakat Muslim di Indonesia secara Online selain ulasan Sholat Tahajud dan Sholat Istikharah, yang merupakan salah satu Sholat Sunnah yang mempunyai keutamaan yg banyak selain Sholat Wajib Lima Waktu bagi setiap Muslim yang mengerjakannya.

loading...
Tags: